Minggu, 17 Oktober 2010

SEJARAH EL BARCA

Barcelona merupakan bagian dari propinsi Katalonia. Karena itu, Futbol Club Barcelona atau biasa disingkat Barca, merupakan kebanggan masyarakat Katalonia. Klub yang sudah berdiri sejak 1899 mungkin tak perlu banyak diperkenalkan lagi.

Mereka merupakan salah satu klub tersukses di Spanyol, Eropa dan dunia. Buktinya mudah saja, klub yang dijuluki La Blaugrana ini sudah 18 kali menjuarai La Liga, 24 kali meraih Piala Raja Spanyol, tujuh kali juara Piala Super Spanyol, dua kali menjuarai Liga Champions, empat kali meraih Piala Winners dan dua kali meraih Piala Super Eropa.'

Bukan sekedar piala, Barca juga termasuk tim yang selalu menampilkan permainan menghibur, berpola menyerang, anti sepakbola negatif dan sangat produktif. Mereka juga punya pendukung yang banyak dan setia. Para fans Barca kerap dijuluki cules, dan menurut sebuah survei, 25 persen masyarakat Spanyol merupakan pendukung Barca.

Barca bermarkas di stadion Camp Nou, yang mampu menampung sekitar 98.700 penonton. Klub ini merupakan salah satu pelopor dibentuknya kompetisi La Liga atau Divisi Satu pada musim 1928/29, bersama dengan Real Madrid dan Athletic Bilbao. Barca berhasil menjadi juara pada musim pertama La Liga. Ketiga klub tersebut belum pernah terdegradasi sampai saat ini. Tapi dalam soal prestasi, hanya Real Madrid yang mampu menyaingi Barca.

Pertemuan Barca dan Madrid di La Liga selalu berlansung sengit dan menarik. Duel kedua tim dijuluki El Clasico karena mereka hampir selalu bergantian mendominasi liga. Meski kerap berseteru, ada beberapa pemain yang pernah memperkuat kedua klub tersebut. Tentunya, pemain yang hijrah dari Barca ke Madrid dan begitu juga sebaliknya, tidak akan mendapatkan sambutan hangat di klub lamanya.

Contohnya, Luis Figo. Gelandang asal Portugal ini pindah dari Barca ke Madrid. Saat kedua tim bertemu di Camp Nou, Figo mendapat sambutan 'hangat'. Selain disiuli dan diteriaki hampir sepanjang pertandingan, pemain asal Portugal ini diberikan kepala babi oleh penonton saat akan mengambil tendangan sudut.

Dalam dua musim terakhir, Madrid memang berhasil mendominasi La Liga. Tapi di musim ini, saat performa Madrid sedang menurun, Barca justru sedang menanjak dan memuncaki klasemen La Liga. Bahkan banyak yang meyakini tim yang sekarang dibesut Josep Guardiola ini merupakan salah satu tim terbaik yang pernah dimiliki Barca.

Berikut ini ada sepuluh fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang Barca.

10. Barca didirikan oleh Joan Gamper, seorang pengusaha berkebangsaan Swiss. Gamper datang ke Spanyol untuk urusan bisnis dengan beberapa orang Inggris dan Spanyol. Mereka ternyata sama-sama menyukai sepakbola dan kemudian sepakat untuk membuat sebuah klub pada 28 November 1899. Selain pendiri klub, Gamper juga menjadi salah satu pemain Barca sampai dengan 1903. Walter Wild dari Inggris, diangkat sebagai presiden pertama klub sampai dengan 1901.

9. Ada lima pemain yang meriah penghargaan Balon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) saat masih memperkuat Barca, yaitu: Luis Suarez (1960), Johan Cruyff (1973, 1974), Hristo Stoitchkov (1994), Rivaldo (1999) dan Ronaldinho (2005).

Lalu, ada empat pemain yang permah mendapatkan penghargaan FIFA World Player of the Year, yaitu: Romario Faria da Souza (1994), Ronaldo (1996), Rivaldo (1999) dan Ronaldinho (2004, 2005).

8. Rekor penonton terbanyak di Camp Nou adalah 120 ribu orang. Itu terjadi dalam putaran pertama pertandingan perempat-final Piala Champions melawan Juventus pada 5 Maret 1986.

7. Sejak 1955, Barca merupakan satu-satunya tim yang selalu berpartisipasi setiap tahun di kompetisi Eropa, baik di Liga Champions, Piala UEFA, Piala Winners, sampai sekarang. Mereka juga pemegang juara Piala Winners terbanyak, yaitu empat kali juara (1979, 1982, 1989 dan 1997).

6. Barca sudah 18 kali menjuarai La Liga dan 22 kali menjadi runner-up. Mereka pernah empat kali berturut-turut merajai La Liga, yaitu pada musim 1990/91, 1991/92, 1992/93 dan 1993/94. Sedangkan di Piala Raja, Barca memegang rekor sebagai juara terbanyak yaitu 24 kali. Tapi terakhir kali mereka meraih piala ini pada musim 1997/98.

5. Barca menjuarai Piala Champions pada 1992 dan Liga Champions pada 2006. Tim juara 1992 dianggap sebagai salah satu tim terbaik dan paling menghibur di Eropa dan dunia.
Tim yang diasuh Johan Cruyff itu memiliki pemain terbaik di segala lini.

Susunan tim inti 1992: Andoni Zubizareta (kiper); Nando, Albert Ferrer, Ronald Koeman, Miguel Angel Nadal, Jose Maria Bakero, Josep Guardiola, Julio Salinas, Michael Laudrup, Aitor Beguiristain, Hristo Stoichkov.

4. Migueli masih memegang rekor pemain yang paling banyak tampil bersama Barca, total 548 gim di semua kompetisi dan 391 gim di La Liga. Rekor pemain yang masih aktif adalah Xavi Hernandez, yang sudah bermain 442 kali di semua kompetisi.

Rekor pencetak gol terbanyak Barca adalah Cesar Rodriguez. Pemain asal Spanyol itu mencetak 195 gol di La Liga. Sedangkan rekor pemain yang masih aktif dipegang Samuel Eto'o (Kamerun) dengan 92 gol (sampai Desember 2008)

3. Ada enam pemain Barca yang tergabung dalam timnas Spanyol saat menjuarai Piala Eropa 1964 dan 2008. Pada 1964 adalah, Jesus Maria Pereda, Josep Fuste dan Fernando Olivella. Sedangkan pada 2008, Carles Puyol, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Lalu, ada dua pemain Barca yang membawa timnya menjuarai Piala Dunia 1994 dan 2002. Keduanya dari Brasil, yaitu Romario (1994) dan Rivaldo (2002).

2. Johan Cruyff merupakan pelatih tersukses Barca sampai saat ini. Selama delapan tahun membesut Barca (1988-1996). pria asal Belanda ini mampu memberikan 11 piala (empat gelar La Liga, satu piala Liga Champions, satu Piala Winners, satu Piala Raja, satu Piala Super Eropa dan tiga Piala Super Spanyol).

1. Musim 2008/09 diprediksi bakal menjadi tahun kegemilangan Barca. Sampai pekan ke-17, mereka berada di puncak klasemen La Liga dengan keunggulan 11 poin atas peringkat kedua, Valencia. Selisih gol pun terbilang fantastis, memasukkan 51 gol dan baru kemasukan 11 gol.

Barca juga melaju ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup dan akan menghadapi Olympique Lyonnais. Tim inti mereka di musim ini adalah: Victor Valdes (kiper); Eric Abidal, Rafael Marquez, Carles Puyol, Dani Alvez, Andres Iniesta, Yaya Toure, Xavi, Thierry Henry, Samuel Eto'o, Lionel Messi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar